Berita Unik

Hal Penting Perlu Anda Tahu Pajak Amensti

Hal Penting Perlu Anda Tahu Pajak Amensti

Hal Penting Perlu Anda Tahu Pajak Amensti | Mulai sejak program amnesti pajak dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo Juli lantas, kita kerap mendengar arti itu disebut-sebut dalam beragam diskusi. Pengampunan Pajak yang didapatkan pemerintah ini bukanlah suatu hal yang dapat diabaikan, lantaran program itu termasuk juga langka serta tak didatangkan tiap-tiap th..

” Mendekati masa pertukaran info automatis th. 2018 kelak, bakal ada kesepakatan antar negara yang buka data-data perbankan orang, hingga mereka yang dahulu hindari pajak dengan menyimpan uangnya diluar negeri bakal di ketahui oleh pemerintah, ” tutur Dian Puspa Wahono, Marketing Communication Specialist dari PT Achilles Advanced Systems, yang membuat software On-line Pajak untuk mempermudah sistem pelaporan pajak oleh individu serta korporasi.

Lewat pengungkapan harta yang sampai kini diluar jangkauan Ditjen Pajak, pemerintah Indonesia mengharapkan peroleh info kepemilikan harta dengan cara suka-rela.

Hal Penting Perlu Anda Tahu Pajak Amensti Poin Penting Yang Harus Anda Mengerti

Hal Penting Perlu Anda Tahu Pajak Amensti

Peluang untuk ikuti program amnesti pajak bakal di buka sampai 31 Maret 2017, karenanya tak ada kelirunya Anda tahu beberapa hal di bawah ini :

1. Tujuan intinya adalah WP yg tidak atau belum taat pajak

Amnesti pajak memberi peluang untuk Harus Pajak (WP) untuk melepas diri dari keharusan pajak saat lantas yang punya potensi ditagih serta dikenai sanksi berbentuk bunga atau denda di hari esok. Bahkan juga, semakin bagus lagi lantaran program ini menghapus kesempatan penyidikan pidana. Artinya, ini yaitu peluang untuk mengawali awal yang baru serta bersih.

2. Duit tebusan = Tarif x Nilai Harta Bersih

Sampai akhir Maret th. depan, pemerintah memberlakukan duit tebusan cukup enteng, yaitu sebesar 2%-5% untuk dana repatriasi atau deklarasi Dalam Negeri, 4%-10% untuk deklarasi Luar Negeri, dan 0, 5%-2% untuk UMKM dengan deklarasi nilai harta di bawah Rp 10 miliar. Periode pertama dengan persentase duit tebusan paling kecil selesai pada 30 September. Nilai harta bersih didapat dari jumlah harta dikurangi utang.

3. Tak ada kontrol pajak serta penyidikan pidana

Lewat program ini, pemerintah bakal menanggung kalau WP yang telah peroleh sinyal terima Surat Pernyataan Harta untuk Pengampunan Pajak (SPHPP) akan tidak lewat kontrol pajak, kontrol bukti permulaan, atau penyidikan tindak pidana di bagian perpajakan untuk saat pajak sampai 31 Desember 2015. Semua data serta info yang tercantum pada surat permintaan juga tidak bisa jadikan basic penyelidikan, penyidikan atau penuntutan pidana pada WP.

Ini dapat bermakna nilai harta terkecuali kas yang dilaporkan dalam SPHPP yaitu sesuai sama penilaian WP serta akan tidak dikerjakan koreksi atau pengujian oleh Ditjen Pajak.

4. Pembetulan SPT tidak bisa lagi dikerjakan

Satu diantara kriteria amnesti paja adalah pencabutan semuanya permintaan pengurangan, pembatalan, keberatan, tuntutan, serta banding. WP juga tidak bisa lakukan pembetulan SPT.

” Kalau telah pernah melapor namun ada kekeliruan dalam pelaporan, cukup kerjakan pembetulan SPT, ” anjuran Dian, terlebih untuk karyawan yang peroleh semua pendapatannya dari satu perusahaan serta pajaknya telah dibayarkan oleh perusahaan itu.

Menurut UU Ketetapan Umum serta Tata Langkah Perpajakan (KUP), bila WP membenarkan SPT dengan melaporkan harta yang telah terserang pajak terlebih dulu, akan tidak terkena pajak. Bila harta itu belum dipajaki, Ditjen Pajak memiliki hak lakukan pengujian.

5. Harta penambahan tidak bisa disusutkan

Hal Penting Perlu Anda Tahu Pajak Amensti

Untuk harta berwujud, perhitungan pernyusutan umumnya diawali pada bln. harta itu dipakai untuk memperoleh, menagih, serta pelihara pendapatan. Walau demikian, harta penambahan – berwujud atau tak berwujud – yang disibakkan dalam SPHPP tidak bisa disusutkan untuk maksud perpajakan.

6. Amnesti pajak merubah laporan pajak seterusnya

Bila Anda mengambil keputusan turut amnesti pajak, ikutlah sepenuh hati dengan mendeklarasikan semuanya harta. Harta yang belum dilaporkan bakal dikira sebagai perolehan ketika harta diketemukan – bila tak diketemukan kurun waktu tiga th., jadi harta itu dapat “lolos” tak membayar pajak. Sesudah ikuti amnesti pajak, WP harus juga melindungi kepatuhan supaya pajak jadi efektif serta tak menghadirkan permasalahan.

7. Kriteria turut amnesti pajak

Bila Anda tertarik untuk ikuti program ini, Anda dapat datang ke Kantor Service Pajak (KPP) untuk peroleh informasi sedetailnya. Kemudian, Anda dapat berkonsultasi dengan konsultan pajak serta mengkalkulasi aset dengan cermat untuk melunasi duit tebusan. Syarat-syarat dalam dokumen SPHPP, diantaranya :

  • WP mesti mengungkap harta yang pajaknya belum dibayar
  • Membayar duit tebusan ke kas negara
  • Lengkapi bukti pelunasan tunggakan pajak bila ada
  • Bikin daftar utang dan dokumen pendukungnya
  • Mencantumkan foto copy SPT PPh terakhir
  • Mempersiapkan sebagian surat pernyataan

Sesudah WP ajukan SPHPP bersama kelengkapannya ke KPP atau tempat yang ditunjuk, WP bakal terima Sinyal Terima. Dalam periode waktu 10 hari kerja setelah itu, Surat Info Pengampunan Pajak (SKPP) bakal di terima oleh WP.

Rekomendasi untuk anda Ingin Sukses Bisnis Sendiri Wajib Lakukan Hal Ini

Hal Penting Perlu Anda Tahu Pajak Amensti

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

To Top