Berita Unik

Perbandingan Gaji Pria serta Wanita Indonesia : Apakah Telah Setara?

Perbandingan Gaji Pria serta Wanita Indonesia : Apakah Telah Setara?

Perbandingan Gaji Pria serta Wanita Indonesia | Histori tunjukkan sebagian fase dalam perubahan perkembangan wanita. Dari perjuangan memperoleh pendidikan, karier, sampai perlakuan sama didalam orang-orang – wanita seolah dituntut untuk selalu “mengejar” lawan macamnya yang telah lebih dahulu peroleh hak-hak mereka.

Berdasar sebagian riset global, dengan cara rata-rata wanita peroleh upah 24% lebih kecil dari pada pria. Untuk lebih mempermudah pengertian kita bakal buruknya kesenjangan upah itu, bila perempuan A serta pria B mempunyai kwalifikasi dan menempati posisi yang sama dalam satu perusahaan, pria B terima upah sebesar Rp 4 juta per bln., sesaat perempuan A cuma terima upah Rp 3. 040. 000 per bln.. Dalam satu tahun, pria B bakal peroleh Rp 48 juta, sesaat perempuan A peroleh kurang dari Rp 36, 5 juta satu tahun. Ini setara dengan jumlah 3 bln. upah pria B!

Penyebab Kesenjangan Penghasilan
Bila menilik etika sosial yang lumrah, terlebih di Asia, wanita serta anak-anak jadi tanggungan pria, hingga pria dikira lebih layak untuk terima upah lebih tinggi dibanding wanita yang bekerja. Menurut hasil survey yang launching website pembanding upah Qerja. com bln. Februari lantas, ketidaksamaan pendapatan pria lajang dengan pria menikah di Indonesia meraih 64%.

Tetapi, sebenarnya jumlah wanita yang menafkahi keluarga juga makin bertambah. Dari data Institute for Women’s Policy Research (IWPR) th. 2014, diprediksikan 4 dari 10 keluarga mempunyai sosok wanita sebagai pencari nafkah paling utama (breadwinner).

Seperti dilaporkan oleh Gajimu. com, ketidaksamaan gaji dapat dikarenakan oleh sharing hal, salah satunya asumsi kalau kwalifikasi kerja pria lebih tinggi di banding wanita, atau wanita tak memerlukan sarana penambahan lantaran bukanlah pencari nafkah. Diluar itu, pria condong mempunyai jam kerja lebih panjang serta berusaha untuk hindari cuti panjang, sesaat wanita mempunyai cuti hamil – di mana ia tak bekerja namun masih tetap terima upah.

Kesenjangan Upah Wanita serta Pria di Indonesia

Perbandingan Gaji Pria serta Wanita Indonesia : Apakah Telah Setara?

Menurut hasil survey Qerja, pada umumnya, upah pria 34% semakin besar dibanding upah wanita di Indonesia. Diluar itu, jumlah manajer pria di beberapa industri juga lebih tinggi dari pada manajer wanita.

“Dari 5. 503 responden, cuma ada 555 atau sekitaran 10% manajer wanita, ” sekian menurut data perusahaan itu.

Bila mengambil contoh dari lima industri yang paling disukai, yaitu Bank serta Service Keuangan, Layanan Konsultan serta Hukum, Media, Pertambangan, dan Ritel, semua menghormati karyawan pria lebih tinggi dari wanita.

Ketidaksamaan Upah Manajer Pria serta Wanita di 5 Industri Populer*

Industri Wanita Pria
Rata-rata Gaji Wanita Kisaran Gaji Wanita Rata-rata Gaji Pria Kisaran Gaji Pria
Bank dan Layanan Keuangan Rp 9,9 juta/ bulan Rp 5 juta- Rp 14 juta/ bulan Rp 12 juta/ bulan Rp 7 juta- Rp 15 juta/ bulan
Jasa Konsultan, Riset dan Hukum Rp 15 juta/ bulan Rp 6,4 juta- Rp 22 juta/ bulan Rp 21 juta/ bulan Rp 11 juta- Rp 25 juta/ bulan
Ritel dan Perdagangan Grosir Rp 9,4 juta/ bulan Rp 4,9 juta- Rp 14 juta/ bulan Rp 11 juta/ bulan Rp 6 juta- Rp 15 juta/ bulan
Pertambangan, Minyak dan Gas Rp 21 juta/ bulan Rp 10 juta- Rp 21 juta/ bulan Rp 24 juta/ bulan Rp 13 juta- Rp 30 juta/ bulan
Media, Hiburan dan Periklanan Rp 8,7 juta/ bulan Rp 4,2 juta- Rp 11 juta/ bulan Rp 11 juta/ bulan Rp 7 juta- Rp 14 juta/ bulan

Rata-rata Upah Wanita Kisaran Upah Wanita Rata-rata Upah Pria Kisaran Upah Pria

Bank serta Service Keuangan
Rp 9, 9 juta/bln.
Rp 5 juta- Rp 14 juta/bulan
Rp 12 juta/bulan Rp 7 juta- Rp 15 juta/bulan

Layanan Konsultan, Penelitian serta Hukum
Rp 15 juta/bln.
Rp 6, 4 juta- Rp 22 juta/bulan Rp 21 juta/bulan Rp 11 juta- Rp 25 juta/bulan

Ritel serta Perdagangan Grosir
Rp 9, 4 juta/bulan Rp 4, 9 juta- Rp 14 juta/bulan Rp 11 juta/bulan Rp 6 juta- Rp 15 juta/bulan
Pertambangan, Minyak serta Gas Rp 21 juta/bulan Rp 10 juta- Rp 21 juta/bulan Rp 24 juta/bulan Rp 13 juta- Rp 30 juta/bulan
Media, Hiburan serta Periklanan Rp 8, 7 juta/bulan Rp 4, 2 juta- Rp 11 juta/bulan Rp 11 juta/bulan Rp 7 juta- Rp 14 juta/bulan

*Berdasarkan hasil wawancara serta survey Qerja. com th. 2016. Upah di lapangan dapat lebih tinggi atau lebih rendah dari perkiraan diatas.

Upah Manajer Wanita Dapat Lebih Tinggi untuk Bagian Tertentu

Perbandingan Gaji Pria serta Wanita Indonesia : Apakah Telah Setara?

Walau pada umumnya upah wanita masihlah lebih kecil dari pada pria, terdapat banyak industri atau sektor bisnis yang menghormati wanita dengan cara finansial lebih tinggi dari pria, umpamanya :

Fashion serta Tekstil
Sekarang ini, semakin banyak bermunculan desainer pria memiliki bakat yang isi panggung fashion atau bekerja dirumah model, namun data tunjukkan kalau industri tekstil, fashion serta baju masihlah menghormati wanita dengan angka upah yang lebih tinggi. Menurut Qerja, upah rata-rata manajer wanita yang bekerja di industri ini sekitar Rp 8 juta sampai Rp 15 juta, sesaat upah rata-rata pria di level manajer sekitar Rp 5, 9 juta sampai Rp 14 juta.

Kecantikan serta Style Hidup
Salon kecantikan serta spa mulai banyak tawarkan banyak cara serta tehnologi untuk menjaga kecantikan. Semakin banyak wanita yang tertarik mencari layanan sejenis ini, jadi tidak heran bila staf wanita lebih di cari untuk isi posisi-posisi di bagian ini. Upah manajer wanita sekitar pada Rp 8 juta-Rp 12 juta, sesaat manajer pria pada Rp 5, 5 juta-Rp 8 juta. Cukup besar bedanya, bukan?

Otomotif
Dunia otomotif memanglah didominasi lelaki. Uniknya, industri ini ingin memberi angka yang semakin besar untuk staf wanita dengan rentang rata-rata upah Rp 12 juta-Rp 23 juta, di mana jumlah ini lumrah diperoleh oleh staf manajer wanita sisi penjualan (sales). Sesaat, untuk manajer pria, rentang rata-rata upah meraih Rp 8 juta-Rp 18 juta.

Kesetaraan gender serta upah masihlah bakal jadi pekerjaan tempat tinggal kita berbarengan, bahkan juga sampai satu tahun lebih yang akan datang. World Economic Komunitas (WEF) memprediksi kalau kesenjangan ini akan tidak tereliminasi sampai th. 2133.

Oleh karenanya, mungkin saja telah waktunya kita tidak lagi fokus usaha untuk memohon kesetaraan atau mensupport feminisme waktu memperingati Hari Perempuan Sedunia (International Women’s Day), tetapi selalu mendorong terjadinya pergantian etika didalam orang-orang. Begitu, semoga beberapa wanita juga mampu disejajarkan dengan pria, ingin bekerja lebih keras lagi serta berikan teladan yang baik untuk generasi setelah itu, hingga layak untuk memperoleh kesetaraan yang riil.

Penjelasan mengenai apa itu teknologi dan beberapa informasi lainnya mengenai teknologi bisa anda  dapat di Pengertian Definisi Teknologi Zaman Modern

Perbandingan Gaji Pria serta Wanita Indonesia : Apakah Telah Setara?

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

To Top