Berita Teknologi

Pekan Ini Google Rayakan Penemuan Eksoplanet

Pekan Ini Google Rayakan Penemuan Eksoplanet

Pekan Ini Google Rayakan Penemuan Eksoplanet | Pada minggu ini, ada satu penemuan besar yakni Eksoplanet. Eksoplanet yaitu 7 planet seukuran serupa dengan Bumi yang ada di luar lingkup tata surya. Penemuan ini sukses diliat memakai Teleskop Spitzer punya Instansi Penerbangan serta Antariksa AS (NASA).

Pada Hari ini Kamis, (23/2/2017) Google juga turut merayakannya dengan Doodle berbentuk animasi. Di dalamnya ada satu gambar karikatur bumi yang melukiskan bumi tengah mengintip angkasa memakai teropong ditemani oleh bln..

Keduanya juga terperanjat serta senang, seakan sudah temukan kawan lamanya. Saat tujuh eksoplanet baru, mendadak nampak dalam bagian pandang teleskop serta melambai.

Ketujuh planet eksoplanet itu disebut mengorbit satu bintang kurcaci merah yang dikatakan sebagai Trappist-1, disingkat Transiting Planets and Planetesimal Small Telescope, nama teleskop observatorium di Cile yang turut berperan dalam penemuan.

Pekan Ini Google Rayakan Penemuan Eksoplanet

Tiga diantara ketujuh eksoplanet serupa Bumi itu mempunyai orbit dalam zona layak huni hingga peluang mempunyai air berbentuk cair, satu diantara komponen terutama dalam menyangga kehidupan.

Jumlah itu adalah yang paling banyak, dalam soal penemuan planet di zona layak huni yang mengorbit satu bintang diluar tata surya.

“Penemuan ini adalah kepingan utama dari puzzle masalah penemuan lingkungan yang dapat ditempati serta kondusif untuk kehidupan, ” sebut Associate Administrator NASA, Thomas Zurbuchen, dalam satu pernyataan.

“Menjawab pertanyaan ‘apakah kita sendirian di alam semesta ini? ’ yaitu prioritas untuk ilmu dan pengetahuan. Penemuan pertama planet dalam jumlah banyak di zona habitat seperti ini adalah langkah besar untuk menjawab pertanyaan itu, ” tambah Zurbuchen.

Bintang Trappist-1 sendiri berjarak “hanya” 40 th. sinar atau sekitaran 378 triliun km. dari Bumi hingga relatif dekat di banding bintang-bintang lain dalam galaksi Bima Sakti.

Tiga dari tujuh eksoplanet yang berkaitan mengorbit dalam jarak sangat dekat dengan bintang hingga peluang sangat panas untuk dapat mempunyai air.

Disamping itu, planet ketujuh sangat jauh hingga air dapat membeku. Temperatur planet ke empat, ke lima, serta ke enam diprediksikan ideal untuk kehidupan.

Bila ketiganya ikut mempunyai atmosfer serupa Bumi, jadi mungkin saja di permukaannya ada lautan, danau, serta sungai yang di ketahui sebagai tempat pada awalnya kehidupan.

Sebagai produsen hardware terpenting Sony Luncurkan SD Card Kecepatan 300 MBps

Pekan Ini Google Rayakan Penemuan Eksoplanet

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

To Top